Beberapa Alasan Mengapa Anda Harus Punya Website !

Anda Punya Bisnis Skala UKM? Tapi Anda Belum Punya Website?

Yuk Simak Penjelasan Berikut Ini!

Beberapa Alasan Mengapa Anda Harus Punya Website !

DISCLAIMER ! beberapa kasus yang saya sebutkan merupakan kasus yang saya temui di sekitar saya, bisa saja hal ini berbeda di wilayah anda. sehingga kasus berikut ini bukanlah hal yang terjadi secara umum. Serta harga yang tercantum dapat berubah sewaktu waktu. alert-warning

Bismillah,

Interaksi sosial yang terjadi di masyarakat merupakan komponen penting dalam proses tumbuh kembangnya ekonomi suatu masyarakat. Baik itu lingkup kecil seperti keluarga hingga lingkup yang luas seperti negara. Karena interaksi antar masyarakat dapat menimbulkan transaksi dan jual beli barang maupun jasa.

Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, interaksi sosial, jual beli dan transaksi tidak hanya terjadi di dunia nyata saja, bahkan sekarang lebih banyak terjadi di dunia maya. Hal ini dikarenakan dunia maya dapat memangkas jarak ruang waktu sehingga masyarakan dapat berinteraksi dan bertransaksi dengan lebih cepat, hemat dan efisien. UKM yang merupakan Usaha Kecil dan Menegah banyak yang sukses dengan memanfaatkan media maya ini.

Social Media seperti Facebook, Intagram, Twitter, yang dahulunya hanya digunakan untuk berinteraksi sosial saja, kini social media juga digunakan para pelaku UKM untuk memasarkan produknya. Selain itu, Marketplace yang tujuan utamanya memang diperuntukkan sebagai tempat jual beli online, juga semakin banyak bermunculan. Dengan diskon serta fitur yang dihadirkan marketplace,  para pelaku UKM juga memanfaatkan platform ini untuk memasarkan produknya.

Namun ada media maya yang jarang digunakan oleh para pemlik bisnis UKM  yakni WEBSITE.

Ya, dari beberapa kasus yang saya temukan (mungkin hal ini berbeda di daerah anda) di masyarakat, beberapa UKM hanya memanfaatkan social media dan marketplace untuk memasarkan produknya dibanding dengan website. Hal ini dikarenakan social media dan marketplace dapat digunakan gratis, sedangkan website berbayar dan mahal. Ketakutan akan mahalnya membayar biaya bulanan juga beberapa faktor yang membuat pelaku UKM enggan menggunakan media ini. Padahal manfaat dari memiliki website bagi pelaku bisnis UKM sangatlah banyak.

Setelah anda membaca Beberapa Alasan Mengapa Anda Harus Punya Website ! saya harap anda pelaku bisnis UKM dapat mengetahui keuntungan memiliki Website untuk bisnis anda.

Mari kita bahas!

1. Website Merupakan Lokasi Digital Bisnis Anda!

Ketika anda berjualan di pasar, dan anda telah menemukan customer yang tepat, anda akan menggiring mereka untuk bertransaksi secara pribadi seperti rumah atau tempat produksi anda. Mengapa? Karena di pasar banyak pesaing yang berjualan produk yang sama, seperti yang anda pasarkan. Sehingga produk anda harus bersaing dengan produk-produk yang berada di pasaran.

Contoh riil nya banyak pelaku UKM yang menjual produk mereka tanpa harga di social media, kemudian ketika ada yang tanya akan harga produknya, banyak admin yang akan mengarahkan ke chat inbox.

Dalam kasus hal diatas maka dapat diketahui bahwa social media hanyalah pasar yang nantinya anda bertransaksi di dalamnya untuk mendatangkan customer baru yang memanfaatkan pasar. sedangkan transaksi berkelanjutan dan jangka panjang dapat anda lakukan di rumah atau lokasi bisnis anda,

Website inilah rumah atau lokasi digital bisnis anda, yang dapat anda manfaatkan untuk mengarahkan customer anda ke lokasi digital bisnis anda. Mengapa lokasi digital ini penting? simak ke poin selanjutnya.

2. Customer Lebih Fokus dengan Produk Anda

Ketika customer mencari barang di social media dan marketplace, tidak dapat disangkal mereka juga akan melihat produk sejenis atau setidaknya relevan dengan barang yang mereka cari. Mengapa hal ini terjadi? Hal ini terjadi dikarenakan kinerja algoritma dari social media dan marketplace ditambah data cookies yang menempel di browser. Dimana algoritma nantinya akan menampilkan iklan sesuai dengan data cookies di browser.

Berbeda ketika anda jualan di website, pelanggan anda hanya fokus dengan barang anda sehingga kesempatan produk anda terjual lebih tinggi dibanding di social media dan marketplace. Mengapa? karena anda yang mengontrol isi dari website anda dan hanya anda yang dapat mengisi produk-produk di website anda.

3. Lebih Profesional dan Meningkatkan Kepercayaan Customer Anda

Website tidak hanya sebagai lokasi digital bisnis anda, tapi juga sebagai faktor untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Bisnis yang memiliki website akan tampak lebih profesional dan meyakinkan calon customer anda.

Hal ini tentunya didukung dengan konten yang disusun untuk mencapai hal tersebut. Seperti mengisi website anda dengan produk anda. Kemudian membahas sesuatu tentang hal-hal serta tips yang berkaitan dengan produk anda. Bisa juga dengan menampilkan portofolio dan testiomoni pelanggaan anda.

Ketika bisnis anda terlihat lebih profesional, maka hal ini juga akan meningkatkan kesempatan akan datangnya tawaran-awaran bisnis yang ingin berkerjasama bersama anda.

4. Menjangkau Customer Lebih Luas dan Percaya Kepada Anda

Mari kita berfikir mengapa banyak orang membeli di Marketplace? Dikarenakan mereka takut tertipu dengan penjual online diluar marketplace. Sehingga mereka mempercayakan pihak penengah yakni marketplace untuk menahan dana mereka kepada penjual sampai produk tiba di tangan pembeli. Artinya tingkat kepercayaann pembeli kepada penjual di marketplace tidak setinggi pembeli yang langsung membeli kepada anda tanpa bantuan marketplace.

Berbeda ketika customer membeli di website anda, dan mereka bertransaksi dengan anda secara langsung di website anda tanpa perantara apapun. Dapat diketahui mereka telah menyerahkan kepercayaannya seluruhnya kepada bisnis anda. Sehingga kesempatan anda untuk terjadinya transakti akan lebih tinggi.

Tidak hanya itu, dengan membuat website anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas serta mengetahui customer mana yang setia dan percaya kepada anda, sehingga anda dapat menentukan strategi bisnis yang cocok serta dapat menentukan skala prioritas kepada customer anda.

5. Website Itu Murah.

Ketika anda mengatakan membuat mahal, berarti anda belum pernah memahami harga jasa dan layanan website di pasaran. Maka sekarang juga anggapan anda harus anda buang jauh-jauh, Karena biaya website itu murah.

Biaya pembuatan website  untuk jasanya saja berkisar dari Rp. 350.000 dan hanya sekali bayar. Untuk kebutuhan nama domain website (contoh namabisnisanda.com) cuma Rp. 20.000(.my.id) - Rp. 120.000(.com) pertahun. Misalkan anda hanya membutuhkan sebagai landingpage atau blog saja. Anda bahkan bisa lebih hemat lagi karena tidak perlu bayar hosting (untuk menyimpan file) bulanan. Biasanya pembelian layanan diikuti ppn 10%.

Sehingga jika ditotal biaya yang perlu dikeluarkan untuk sebuah website selama satu tahun hanyalah sekitar Rp. 22.000 - Rp. 132.000 saja . Jika dibagi satu tahun 365 hari anda per hari hanya cukup membayar sekitar Rp. 60 - Rp. 360 saja. Ditambah jasa Rp. 350.000 maka untuk biaya awal yang dikeluarkan ketika membuat satu website blog atau landingpage hanya Rp. 350.360. untuk tahun selanjutnya hanya sekitar Rp. 22.000 - Rp. 132.000 saja. Sangat murah bukan?

Kesimpulan

Jadi, banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh bagi pelaku UKM dengan memiliki website, selain itu harga jasa dan layanan yang murah juga meringankan pelaku UKM dalam memasarkan produknya.

Apakah anda siap memiliki website, dan menjangkau pasar yang lebih luas?

Jika iya hubungi kami di https://mbrian.my.id

Sekian semoga tulisan diatas bermanfaat.

Terimakasih.

#mbrianwebsite #jasa #landingpage #salespage #website #copywriting #ads #desaingrafis #digitalmarketing

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama